Fakultas Tarbiyah berada di bawah naungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan mengemban tugas sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,  Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengemban tugas mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan, keterampilan, kemandirian, dan sikap untuk menemukan, mengembangkan, serta menerapkan ilmu, teknologi, dan seni, yang bermanfaat bagi kemanusiaan. Hal ini sejalan dengan tujuan kelembagaan IAIN Syekh Nurjati yakni, 1)Menyiapkan peserta didik menjadi masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan agama Islam, IPTEK dan seni yang bernafaskan Islam, 2) Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan Islam, IPTEK dan seni yang bernafaskan Islam, serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

 Sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri, Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat dipandang sebagai fakultas yang mapan, karena memiliki sejarah kependidikan tinggi dan telah mengalami transformasi kelembagaan yang cukup panjang.  Berawal dari keberadaannya sejak 12 Agustus 1965 sebagai Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatulah Jakarta cabang Cirebon, pada tanggal 15 Maret 1976 Fakultas Tarbiyah dialihkan pembinaannya ke IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, sampai akhirnya beralih status menjadi Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon. Pada tanggal 5 Januari 2010, status jurusan Tarbiyah ditingkatkan menjadi Fakultas Tarbiyah setelah STAIN Cirebon dikonversi menjadi IAIN Syekh Nurjati Cirebon berdasarkan Peraturan Presiden Nomor Nomor 28 tahun 2009 tentang Perubahan Status Kelembagaan dari STAIN Cirebon menjadi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam kedudukannya sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Fakultas Tarbiyah bertugas untuk menyelenggarakan program pengadaan guru serta untuk menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu kependidikan dan non kependidikan. Dengan demikian, Fakultas Tarbiyah dituntut untuk mampu menghasilkan lulusan calon guru yang memenuhi kualifikasi kependidikan sebagai guru di berbagai jenjang sesuai dengan jurusan/program studinya masing-masing.

Lebih jauh, sebagaimana halnya Fakultas Tarbiyah di lingkungan PTAI lainnya, Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebn merupakan LPTK yang khas. Bertitik tolak dari pandangan filosofis dan paradigma keilmuan dan pendidikan Islam yang melandasinya, Fakultas Tarbiyah memiliki tugas dan fungsi yang lebih luas dari LPTK di Perguruan Tinggi lainnya. Fakultas Tarbiyah tidak hanya dituntut menghasilkan guru yang memilki kompetensi profesional dan keilmuan, tetapi juga kompetensi keagamaan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.  Lulusan Fakultas Tarbiyah tidak jarang juga dituntut untuk mampu menjadi rujukan moral dan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Agar dapat menghasilkan calon guru yang profesional sebagamana dimaksud di atars, Fakaultas dituntut memiliki visi yang jelas dan kapasitas memadai untuk menjamin keprofesionalan lulusannya. Dengan demikian Fakultas harus memiliki sumber daya manusia, sarana dan prasarana, berbagai perangkat keras dan lunak pendukung yang memadai bagi berlasungnya proses pembelajaran yang berkualitas.  Dalam hal ini, kurikulum menjadi bagian penting yang mengarahkan proses pendidikan calon guru di LPTK.

Pada dasarnya terdapat banyak aspek yang terlibat dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum sebagai rencana akademik memiliki pengaruh yang sangat penting bagi keberlangsungan proses pendidikan dan kualitas output lulusan. Sebuah rencana akademik di perguruan tinggi (sebagai satu bentuk kurikulum) setidaknya memiliki beberapa elemen seperti tujuan (purpose), konten/isi (content), sekuensi/urutan materi (sequence), mahasiswa (learners), proses pembelajaran (instructional processes), bahan ajar (instructional resources), evaluasi, dan kesesuaian (adjustment).

Saat ini Fakultas Tarbiyah memiliki 8 program studi/jurusan, yaitu :

  1. Pendidikan Agama Islam
  2. Pendidikan Bahasa Arab
  3. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  4. Tadris IPS
  5. Tadris Bahasa Inggris
  6. Tadris Matematika
  7. Tadris IPA-Biologi
  8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA).