Recent Comments

    Deskripsi mata kuliah pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah sebagai berikut.

     

    MATA KULIAH UMUM (MKU)

    Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)

    Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami, menganalisis, dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa dan negara secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan UUD 1945. Pada akhirnya, dapat menghayati hakikat konsepsi Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional sehingga menjiwai tingkah lakunya selaku warga negara RI yang patriotik dan cinta tanah air dalam melaksanakan profesinya. Dalam perkuliahan ini dibahas esensi pendidikan kewarganegaraan (Landasan filosofis, historis, Visi, Misi, Tujuan, Kompetensi pendidikan kewarganegaraan ), Dinamika Negara Kebangsaan, Pancasila sebagai Dasar  dan Falsafah Negara, Kesadaran Berkonstitusi, Hak Asasi dan Kewajiban dasar Manusia, Kesadaran Berdemokrasi, Geopolitik dan Geostrategi Indonesia, Politik dan Strategi Nasional, Pembangunan Daerah dalam Kerangka NKRI.

     

    Pancasila   (2 SKS)

    Perkuliahan ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan R.I dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mata kuliah ini juga mengkaji tentang Pancasila sebagai salah satu bentuk Pendidikan moral. Mahasiswa diajak untuk menggali nilai-nilai Pancasila serta menganalisis pelaksanaannya di masyarakat. Mahasiswa diminta berkontribusi memberika alternatif solusi atas penyimpangan terhadap nilai-nilai Pancasila.

     

    Bahasa Indonesia  (2 SKS)

    Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep, dasar-dasar keterampilan menulis, karangan ilmiah dan menerapkannya dalam penulisan. Materi mata kuliah ini meliputi: bahasa sebagai sarana komunikasi karangan ilmiah, ragam bahasa ilmiah, kata, istilah, definisi perencanaan karangan pengembangan karangan ilmiah dengan memperhatikan pengembangan paragraf, keefektifan kalimat, pilihan kata, penalaran dalam karangan, tatatulis, ejaan, teknik-teknik notasi, dan teknik penulisan ilmiah.

     

    Bahasa Inggris  (4 SKS)

    Mata kuliah ini membahas mengenai keterampilan berbahasa Inggris dengan penekanan pada keterampilan reseptif dan produktif, yakni membaca, menyimak, berbicara, dan menulis sesuai dengan program studi.

     

    Bahasa Arab  (4 SKS)

    Mata kuliah ini membahas mengenai keterampilan berbahasa Arab dengan penekanan pada keterampilan yakni membaca, menyimak, berbicara, dan menulis sesuai dengan program studi.

     

    Metodologi Studi Islam  (3 SKS )

    Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang: Islam dan studi agama (pengantar), pentingnya studi islam, asal-usul dan pertumbuhan studi islam di dunia Islam, penelitian agama, model-model penelitan agama, Islam dan Kebudayaan, Islam sebagai Agama, sejarah Islam, studi kawasan, dan lain-lain.

    Pengantar Studi Al Qur’an  ( 2 SKS )

    Pengertian Al-Qur’an, cara Al-Qur`an diwahyukan Hikmah Al-Qur`an diturunkan berangsur-angsur dan kedudukan Al-Qur`an; Setting Turunnya al-Qur’an: Asbab al-Nuzul (pengertian, ungkapan, tipologi dan urgensi), Al-Makky dan al-Madany (pengertian, klasifikasi, karakteristik dan urgensinya); I’jaz al-Qur’an :P engertian dan ragam, Aspek-aspek kemu’jizatan al-Qur’an, kemu’jizatan al-Qur’an di alam; Problematika Tafsir al-Qur’an : pengertian, macam-macam dan urgensi mempelajarinya; Alwan al-Tafsir (Corak dan karakter tafsir) : fiqhi, falsafi, ‘ilmi, shufi-isyari, adabi dan ijtima’I) ; Tokoh-tokoh mufassir dan kitab-kitab tafsir ; Aplikasi metodologi penafsiran ayat-ayat yang berkaitan dengan pendidikan khususnya pendidikan agama dalam al-Qur’an.

     

    Pengantar Studi Hadits  (2 SKS )

    Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang: Terminologi, Hadits sebagai sumber ajaran agama, sejarah hadits pra kodifikasi, kodifikasi hadits: sejarah dan perkembangannya, Ulumul hadits, pembagian hadits, syarat-syarat hadits shahih, hadits dhoif dan macam-macamnya, syarat-syarat seorang perawi dan proses transformasi, Ilmu jarh wa Al-Ta’dil, Hadits Maudhu’, pengenalan takhrij secara teoritis, pengenalan takhrij dalam al hadits (bimbingan penelusuran hadits ke dalam kitab-kitab sumber asli), pengenalan terhadap mukharij (perawi hadits) dan karyanya: mukharij Al-Sittah, Al Muwatha’ dan musnad imam ahmad, Ikhtisar al sanad dan matan, inkarusunnah.

     

    Akhlaq Tasawuf  (2 SKS )

    Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang: dasar-dasar Qur’ani dan sejarah timbulnya tasawuf (kontak kebudayaan Hindu, Persi, Yunani, dan Arab), sejarah perkembangan tasawuf: salafi (akhlaqi), falsafi dan Syi’i, kerangka berpikir irfani, tasawuf akhlaqi, tasawuf falsafi, pengertian filsafat islam, hubungan filsafat Islam dengan filsafat Yunani, filsafat Islam  di dunia Islam Timur, filsafat Islam di dunia Islam barat, Filsafat Islam sesudah Ibnu Rusyd.

     

    Sejarah Peradaban Islam  (2 SKS)

    Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang: sejarah peradaban Islam sebagai ilmu pengetahuan, dasar-dasar peradaban Islam, periodisasi perkembangan peradaban Islam, arab pra Islam, masa nabi, Masa Khulafaurasyidin, Masa Umayah timur, Islam di Andalusia, Masa Abbasiyah, dinasti-dinasti, perang salib dan invasi Mongol, dan Islam di Asia Tenggara.

     

    Statistik  (2 SKS)

    Mata kuliah mengkaji tentang konsep-konsep dasar statistik, sari numerik, diagram batang dan lingkaran, teori peluang, uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis regresi, teknik analisis dan uji hipotesis komparasional, teknik analisis dan uji hipotesis korelasional, ANOVA, analisis data menggunakan SPSS, dan penerapan ilmu statistika dalam penelitian dan dunia pendidikan.

     

    Kuliah Kerja Nyata  (2 SKS)

    Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar berlatih secara sistematis dalam menerapkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan sehingga mampu membangun dan mengembangkan kemampuannya secara nyata.

     

     

    MATA KULIAH DASAR PROFESI (MKDP)

     

    Landasan Pendidikan Islam   (3 SKS)

    Mata kuliah ini berisi pengkajian tentang hakikat, landasan, komponen, sistem, aliran-aliran pendidikan serta sejarah pendidikan di Indonesia. Pendidikan seumur hidup, wajib belajar, pendidikan inklusif, dan arah baru dalam pendidikan dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Materi kuliah ini diberikan dalam kerangka interkoneksi dan berbasis pada Islam.

     

    Mashadir Tarbawiyah  (3 SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang penjelasan dan pemahaman mengenai ilmu pendidikan dan aplikasinya menurut perspektif  tafsir, konsep dan makna hadits yang berkaitan dengan sejarah pendidikan, aliran pendidikan, tokoh-tokoh pendidikan, menyelenggarakan dan melaksanakan pendidikan seumur hidup.

     

    Fiqh/Ushul Fiqih  (3 SKS)

    Mata kuliah ini mengkaji tentang Pengertian Fiqh, Obyek, Ruang Lingkup Kajian, dan Kegunaan Fiqh,   Sejarah Pembentukan dan Perkembangan Fiqh,    Komposisi Fiqh: Dalil (Argumen), Istidlal (Argumentasi),   Natijah Hukum, Pembidangan Fiqh: al-lbadat, al-Ahwal al-Syakhshiyyah, al-Mu’amalat al-Madaniyyar, al-Maliyyah wa al-lqtishadiyyah, al-’Uqubat, al-Murafa’at, al-Dusturiyyah, a!-Dawliyyah, Metode Kajian Fiqh: Kajian Diskriptif Fiqh Madzhab Tertentu Kajian Diskriptif Fiqh Berbagai Madzhab, Kajian Analitis Fiqh Madzab Tertentu, Kajian Analitis Fiqh Berbagai Madzhab,-Kajian Perbandingan Madzhab-madzhab Fiqh, Kajian Verifikatif masalah-masalah Fiqh Kontemporer, Madzhab-madzhab dan Dalil-dalil Fiqh: Dalil-dalil yang Disepakati, dan Dalil-dalil yang diperselisihkan.

     

    Sosiologi Pendidikan  (2 SKS)

    Mata kuliah ini membahas tentang hakikat konsep, teori, makna sosiologi, pendidikan dan menganalisis sosiologi pendidikan, terutama dalam bidang pendidikan. Anda dapat mengasah kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik anda, untuk dapat menganalisa, mensintesa dan mengevaluasi topik-topik di sekitar sejarah, pengertian dan ruang lingkup sosiologi antropologi pendidikan, wawasan teoretik sosiologi antropologi pendidikan, kontribusi sosiologi antropologi pada dunia pendidikan, fungsi pendidikan dari kaca mata sosiologis antropologis, pendidikan dan perubahan sosial, sekolah berbagai organisasi birokrasi, keluarga dan sosialisasi, kelompok sebaya dan sosialisasi, sekolah dan sosialisasi, gender dan  sosialisasi, pendidikan orang dewasa, trend homescholling bagi masyarakat Indonesia, pendidikan dan masyarakat serta pendidikan dan tatanan sosial.

     

    Psikologi Pembelajaran  (2 SKS)

    Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, teori, analisis psikologi belajar Matematika dalam konteks pengembangan ilmu Matematika sebagai bagian dalam mendukung proses pembelajaran, hakikat perkembangan peserta didik ditinjau dari aspek psikologis, sosiologis, politis, dan akademis dalam pelaksanaan pembelajaran secara holistik.

     

    Bimbingan dan Konseling  (2 SKS)

    Mata kuliah ini membahas tentang konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; diagnostik dan remedial teaching; dasar-dasar pemahaman peserta didik; serta bimbingan bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

    Analisis dan Pengembangan Kurikulum (2 SKS)

    Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep hakikat kurikulum, teori kurikulum yang hubungannya dengan pengalaman, teori-teori pembelajaran, faktor-faktor dan kondisi belajar, prinsip-prinsip belajar, dan hakikat pembelajaran, serta analisis kurikulum 2013.

     

    Etika Profesi Keguruan (2 SKS)

    Mata kuliah ini membahas tentang sikap, kode etik, dan refleksi profesional guru terhadap tugasnya serta membahas deskripsi berbagai jenis profesi, motivasi menjadi tenaga pendidik yang bergerak dalam dunia pendidikan dan deskripsi kode etik pendidik yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Mata kuliah ini mengkaji tentang Pendidik dan tenaga kependidikan, status, tugas, tanggungjawab dan peran guru, profil, profesi dan profesionalisme tenaga kependidikan, kode etik guru Indonesia, kompetensi guru.

     

    Pengelolaan Pembelajaran (2 SKS)

    Mata kuliah ini membahas tentang konsep, teori, analisis pendidikan serta manajemen dan pengelolaan pendidikan. Selain itu, mengkaji tentang permasalahan dan problematika pendidikan nasional. Mata Kuliah Pengelolaan Pembelajaran, mahasiswa akan diarahkan untuk menguasai secara substansial, utuh dan menyeluruh mengenai konsep, tujuan, fungsi, prinsip, komponen, jenis/bentuk, teknik serta pengembangan pengelolaan pembelajaran. Materi tersebut ditindaklanjuti dengan pengkajian dan pendalaman tentang konsep, tujuan, prinsip, jenis kegiatan, pendekatan, kompetensi, serta prosedur pengelolaan pembelajaran. Kedua pokok materi tersebut akan dilengkapi dengan faktor-faktor yang mempengaruhi masing-masing dalam pengembangannya.

     

    MATA KULIAH KEAHLIAN PROFESI (MKKP)

    Belajar dan Pembelajaran PAI (2 SKS)

    Mata kuliah belajar dan pembelajaran PAI membahas: pengertian belajar, hakekat belajar dan pembelajaran, ciri-ciri perubahan tingkah laku, tujuan pembelajaran, kiat guru dalam memicu siswa belajar, IQ-EQ-SQ-Multiple Intelligences, jenis-jenis belajar, tipe belajar, prinsip-prinsip belajar dan azas pembelajaran, perbedaan individual, motivasi belajar, ciri-ciri pembelajaran, anak “belajar” dari perlakuan orang tua, hukum belajar, pengorganisasian siswa, teori belajar classical conditioning, posisi guru-siswa dalam pemerolehan pesan, teori- teori belajar kognitif, teori belajar dari Piaget perkembangan proses, teori belajar dari Gagne, peran guru dalam proses pembelajaran, masalah-masalah internal & eksternal belajar, pengolahan belajar, mengenal dan mengatasi kesulitan belajar, merancang dan menentukan pendekatan-model-metode-teknik pembelajaran yang  sesuai  dengan  karakteristik   materi  dan  tujuan pembelajaran PAI ,  keterampilan dasar mengajar, kompetensi guru dan pengembangan kurikulum, dan konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran PAI.

    Perencanaan Pembelajaran PAI    (2 SKS)

    Mata kuliah ini membahas tentang hakikat perencanaan pembelajaran: pengertian, tujuan, manfaat dan kriteria perencanaan pembelajaran yang baik, telaah tentang prinsip-prinsip pembelajaran, langkah-langkah penyusunan model-model perencanaan pembelajaran untuk pembelajaran PAI. Prinsip-prinsip dasar pengembangan kurikulum satuan pendidikan dan  perencanaan  proses  pembelajaran  PAI  di  sekolah,  penyusunan  silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah/madrasah, serta mengkaji isu-isu dan permasalahan serta solusi  terkini  yang dihadapi guru-guru PAI dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum di sekolah/madrasah.

    Media Pembelajaran  PAI  (3 SKS)

    Mata kuliah ini membahas tentang hakikat media pembelajaran, klasifikasi dan jenis media pembelajaran, kriteria dan prosedur pemilihan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran, serta mampu membuat media pembelajaran PAI dan mempraktekannya dalam latihan mengajar.

     

    Evaluasi Pembelajaran PAI  (2 SKS)

    Mata kuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran: tujuan, fungsi, prinsip evaluasi pembelajaran, kalibrasi instrumen tes dan non tes untuk proses dan hasil pembelajaran PAI. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru untuk memahami dan menguasai dasar-dasar pengertian evaluasi, prinsip-prinsip pengukuran, pengujian, dan evaluasi dalam bidang pendidikan serta mampu mengaplikasikannya secara efektif dan efisien dalam mata pelajaran PAI. Topik-topik yang dibahas antara lain tentang hakekat evaluasi, tes uraian, tes objektif, merancang tes, jenis-jenis dan alat evaluasi non tes, skala sikap, skala dan norma penilaian, dan analisis butir soal. Beberapa assesmen altematif: assesmen performan, observasi dan wawancara, jurnal, dan portofolio.

     

    Metode Penelitian Pendidikan PAI  (3 SKS)

    Mata kuliah ini membahas tentang hakikat penelitian, paradigma penelitian, jenis-jenis dan desain penelitian, jenis variabel, data dan hipotesis penelitian kuantitatif, populasi dan teknik pengambilan sampel penelitian, sumber dan jenis data, teknik dan alat pengumpulan data, validitas dan reliabilitas instrumen, analisis dan interpretasi data, penyusunan proposal penelitian kuantitatif/kualitatif, serta sistematika laporan penelitian kuantitatif/kualitatif dan membuat penelitian tindakan  kelas.

     

    MATA KULIAH LATIHAN PROFESI (MKLP)

    Microteaching  ( 2 SKS)

     

    Tujuan mata kuliah micro teaching adalah untuk meningkatkan berbagai keterampilan mengajar sehingga calon guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik (pembelajaran yang mendidik). Calon guru diharapkan mampu: menganalisis tingkah laku pembelajaran kawannya dan dirinya sendiri, mampu melaksanakan berbagai jenis keterampilan dalam proses pembelajaran, mampu mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif, produktif, dan efisien, dan calon guru mampu bertindak profesional. Keterampilan dasar mengajar yang dikaji antara lain yaitu: keterampilan bertanya (dasar, lanjut), keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membelajarkan kelompok kecil dan perorangan, serta keterampilan mengevaluasi pembelajaran.

     

    Program Pengalaman Lapangan (2 SKS)

    Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk berlatih secara bertahap dan sistematis dalam menerapkan berbagai pengetahuan, wawasan, keterampilan, nilai, dan sikap sebagai pendidik sehingga terbentuk kemampuan profesionalisme pendidik di sekolah/Madrasah.

     

    MATA KULIAH KEAHLIAN  AKADEMIK PROGRAM STUDI (MKKA-PRODI)

    Ilmu Kalam (3 SKS)

     

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: konsep, makna dan hakikat ilmu kalam, serta menganalisis ilmu kalam dalam keagaaman.

     

    Sejarah Pendidikan Islam        Indonesia  (2 SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang sejarah masuknya islam di Indonesia, keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa kerajaan Islam, keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa penjajahan belanda, keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa penjajahan jepang, keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa orde lama (1945-1965), keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa orde baru (1966-1998), keadaan pendidikan Islam di Indonesia pada masa sekarang.

     

    Kurikulum PAI di MTs/MA (3 SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: Telaah terhadap dasar-dasar pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MTs/MA, tujuan dan prinsip-prinsip pengembangannya, telaah terhadap struktur dan isi/materi kurikulum pendidikan agama di MTs/MA, organisasi kurikulum dan strategi pelaksanaan pengembangannya, teknik pengayaan isi materi kurikulum pendidikan agama Islam termasuk buku teks dan latihan pembuatan peket belajar.

     

    Kurikulum PAI di SMP/SMA (3 SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: Telaah terhadap dasar-dasar pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SMP/SMA/SMK, tujuan dan prinsip-prinsip pengembangannya, telaah terhadap struktur dan isi/materi kurikulum pendidikan agama di SMP/SMA/SMK, organisasi kurikulum dan strategi pelaksanaan pengembangannya, teknik pengayaan isi materi kurikulum pendidikan agama Islam termasuk buku teks dan latihan pembuatan peket belajar.

     

    Fiqih  Ibadah (3 SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang pelaksanaan ibadah, rukun dan syarat dalam melaksanakan kegiatan ibadah mahdhah.

     

    Qiroatul Qutub (3 SKS )

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: Bacaan keagamaan dengan latihan menentukan bentuk-bentuk kata, menentukan kata-kata ungkapan dalam bacaan keagamaan, dan bacaan keagamaan dengan latihan memahami makna hakiki dan makna majazi (isti’arah dan majaz mursal).

     

    Psikologi Agama         (2 SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: konsep psikologi dalam perspektif agama, tipologi psikologi agama dan implementasinya dalam kehidupan nyata.

     

    Materi PAI Luar Sekolah          (2 SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: Pendidikan Agama Islam Luar Sekolah: sejarah terbentuknya pendidikan; bentuk-bentuk pendidikan, sejarah perkembangan dan istilah lain pendidikan luar sekolah, Materi PAI Luar sekolah pada pendidikan informal: sistem pendidikan Islam di lingkungan keluarga, materi PAI pada lembaga pondok pesantren modern, Materi PAI luar sekolah pada “pesantren kilat”, materi PAI luar sekolah pada majelis ta’lim, materi PAI luar sekolah pada Taman Kanak-Kanak Quran (TKQ) dan (TPQ).

     

    Psikologi Kepribadian (2 SKS)

     

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: konsep-konsep dasar psikologi kepribadian, tipology kepribadian, struktur kepribadian berdasarkan psikologi dalam, teori kepribadian Kurt Lewin, Aliport, H.J.Eysenck, Raymond Capttell, Gardner, Murphy, konsep kepribadian dalam pandangan Islam.

     

    Perbandingan Madzhab (3 SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: arti perbandingan madzhab, tujuan dan ruang lingkup bahasan, sebab-sebab timbulnya perbedaan pendapat dan pengaruh situasi dan tempat dalam menetapkan pendapat, penyesuaian dan pembinaan pendapat yang berbeda, perbedaan pendapat hal-hal yang membatalkan wudlu, baca fatihah dalam shalat, penentuan awal puasa dan waktu niat puasa, zakat tanaman non pangan, wali dalam akad nikah.

     

    Masail Fiqhiyah (2  SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: Tabungan haji, Zakat hasil jaza (profesi) dan penyaluran zakat untuk pemugaran dan pembangunan masjid, pembuatan patung dan monumen, pajak dan zakat, Bank danrenfe, Bank dan fee (biaya administrasi), Koperasi (Syirkah,Ta’awuniyah), Mudharabah dan Joint Venture, Operasi Plastik dan ganti kelamin, pemanfaatan gadaian oleh penerima gadaian, asuransi jiwa, kebakaran, kecelakaan, kesehatan dan sebagainya.

     

    Penelitian Tindakan Kelas (3 SKS )

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: konsep dan makna PTK, metode dan analisis data, siklus dan refleksi serta tindak lanjut.

     

    Kebijakan Pendidikan (3 SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang: konsep pendidikan dalam perspektif kebijakan nasional dan peraturan perundangan yang berkaitan dengan sistem pendidikan dan kebijakan pendidikan nasional.

     

    Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah  (3 SKS)

    Mata kuliah ini meliputi kajian tentang strategi penulisan karya ilmiah meliputi: penulisan skripsi, penulisan makalah, penulisan esai (artikel), jurnal, dan lain-lain.

     

    Skripsi (6 SKS)

    Mata kuliah meliputi kajian tentang tugas akhir berupa pembuatan skripsi berupa hasil penelitian yang merupakan tindak lanjut dari mata kuliah seminar proposal skripsi.

    Data Arsip
    Kategori
    Web Statistik
    • User Online: 1
    • Today Visit: 84
    • Today Visitor: 64
    • Yesterday Visit: 107
    • Yesterday Visitor: 99
    • Week Visit: 623
    • Month Visit: 2143
    • Years Visit: 10234
    • Total Visit: 11336
    • Total Visitor: 9559
    • Search Engine reffered: 2154
    • Total Posts: 1
    • Last Post Date: August 14, 2013