Apr 23

Webometrics Salah Satu Acuan World Class University

Terkadang Pimpinan perguruan tinggi latah dengan membanggakan perguruan tingginya terkenal secara nasional bahkan internasional, nah parahnya acuan menjadi perguruan tinggi terbaik ini kadang tidak mehaminya sehingga yang ada adalah klaim sepihak. Salah satu ciri bahwa perguruan tinggi itu berkualiatas adalah ranking webometrics. Walaupun pemeringkatan ini hanya pada website perguruan tinggi tetapi menjadi salah satu acuan bahwa perguruan tinggi tersebut berkualitas.

Webometrics adalah sistem pemeringkatan website perguruan tinggi yang didasarkan pada sejumlah parameter tertentu. Secara umum paramater tersebut hanya menilai sebuah Perguruan Tinggi (PT) dari apa yang ditampilkan pada website resmi PT tersebut dan keberadaan karya-karya ilmiah PT tersebut yang ada di internet. Semula webometrics menggunakan 4 parameter yaitu: Visibility, Size, Scholar dan Rich Files. Namun, mulai Webometrics Juli 2012, parameter penilaian berubah. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%),dan Excellence (15%). Continue reading “Webometrics Salah Satu Acuan World Class University” »

Apr 22

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

PNRI

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Telah diketahui bersama bahwa para akademisi dituntut untuk mampu menghasilkan tulisan ilmiah sesuai keilmuan yang dipelajari. Demikian juga para akademisi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Salah satu syarat dalam penulisan ilmiah adalah memiliki rujukan yang jelas, baik dari dalam maupun luar negeri. Berbagai cara dapat dilakukan untuk memperoleh sumber ini. Salah satunya melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau PNRI.

 

 

Saat ini, akses PNRI tidak hanya dilakukan datang langsung, tetapi juga dapat melalui online. Siapa pun dapat menjadi anggota PNRI dengan cara mendaftar. Apabila telah menjadi anggota, berbagai koleksi dan fasilitas yang dimiliki PNRI dapat diakses. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Mari manfaatkan PNRI dengan sebaik-baiknya.

Adapun untuk mendaftar silakan klik di sini Continue reading “Perpustakaan Nasional Republik Indonesia” »

Apr 22

Materi Pertemuan Konsolidasi Jaringan Penelitian Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat

 

1-Mission, Approach, Strategies & Components – Lina Kalfayan

2- Review Kebijakan Di Bidang Pengabdian Kepada Masyarakati – Jarot Wahyudi

3- Materi ABCD (Asset-Based Community Development (Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset))

4-Strategic Planning for University and Community Engagement; UIN Sunan Ampel’s Experience – Fathoni

5-Higher Education for Tomorrow_Muhammad Zain

6-Kebijakan Dikti Tentang Akreditasi Jurnal Online – Ali Saukah

7-Pertemuan di Bali

 

 

 

 

Apr 17

Edaran e-Journal Dua Kementerian: Jurnal Harus Diakses Secara On-line

e journalKementerian Agama RI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan Surat Edaran tentang kebijakan akses jurnal secara on-line. hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan publikasi Ilmiah/Terbitan Berkala Ilmiah (Jurnal). Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama RI mengeluarkan Surat nomor: DJ.I/Dt.I.IV/PP.00.9/813/2014 tanggal 7 April 2014 tentang Edaran On-line Jurnal. Direktur Diktis  Kementerian Agama menginstruksikan kepada seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam di lingkungan Kementerian Agama RI untuk melakukan hal-hal sebagai berikut::

Continue reading “Edaran e-Journal Dua Kementerian: Jurnal Harus Diakses Secara On-line” »

Apr 11

Program Beasiswa Tahfiz Al-Quran (PBTQ), Kemenag – Turki

logo kemenagWebsite Kementerian Agama, Jumat 11 April 2014, memuat informasi berita tentang beasiswa bagi penghapa; al-Quran. Beasiswa Tahfidz al-Quran merupakan beasiswa kerjasama antara Kementerian Agama bekerjasama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-Turki (UICCI-United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey).  Sehubungan itu, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren membuka Seleksi Beasiswa Tahfizh Al-Quran.

Menurut Direktur PD Pontren A. Saifuddin dalam edaran “Program ini bertujuan menghasilkan santri tahfidz al-Quran 30 juz, memiliki pengetahuan keagamaan Islam, serta kemampuan berbahasa Arab dan Turki,” Dijelaskan juga bahwa meski program non-degree, namun, ijazah para lulusannya dapat disetarakan setingkat Madrasah Aliyah Program Agama. PBTQ ini terbagi manjadi dua, yaitu: program tahfidz kelompok usia 18 – 22 tahun dan program tahfidz kelompok usia 13 – 18 tahun. Info Selengkapnya Klik di sini

Apr 03

Beasiswa Ke New Zealand 2014

New Zealand

New Zealand-ASEAN Scholars Awards: Indonesia

The New Zealand-ASEAN Scholars Awards seek to make a substantial contribution to the ASEAN region’s development by providing opportunities for postgraduate study (i.e. Postgraduate Diploma, Master’s degree and doctorate/PhD) in New Zealand. The New Zealand-ASEAN Scholars Awards (NZ-AS) are part of the New Zealand’s official development assistance to the ASEAN region. The Ministry of Foreign Affairs and Trade (MFAT), through the New Zealand Aid Programme, delivers this scholarship scheme.

Continue reading “Beasiswa Ke New Zealand 2014” »

Apr 03

Daftar Perguruan Tinggi Peraih Akreditasi Institusi “A”

Kebijakan Pendidikan terbaru yang diberlakukan oleh Pemerintah adalah dilakukannya akreditasi institusi. Pada akhirnya semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia akan di-akreditasi, baik negeri maupun swasta. Pada tanggal 25 Maret 2014, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau biasa disebut dengan BAN-PT telah menetapkan 18 Perguruan Tinggi yang meraih nilai “A”. Dua diantaranya adalah Universitas Islam, yakni Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta.

Adapun peraih selengkapkannya sebagai berikut.

Continue reading “Daftar Perguruan Tinggi Peraih Akreditasi Institusi “A”” »

Apr 02

WISUDA IX : DENAH TEMPAT DUDUK

DAFTAR NOMOR TEMPAT DUDUK WISUDAWAN
WISUDAWAN SARJANA (S1) BERPRESTASI
NO. NIM NAMA GELAR JURUSAN
001 59410252 KHOIRUL AMRI SARJANA PENDIDIKAN ISLAM (S.Pd.I) PAI
002 59440832 SARTONO SARJANA PENDIDIKAN ISLAM (S.Pd.I) T.IPS
003 59471296 AEP SAEPULAH SARJANA PENDIDIKAN ISLAM (S.Pd.I) PGMI
004 14102110002 ABDUL WAHID SARJANA HUKUM ISLAM (S.H.I) AAS
WISUDAWAN PASACASARJANA (S2) MAGISTER BERPRESTASI   Continue reading “WISUDA IX : DENAH TEMPAT DUDUK” »

Apr 01

WISUDA IX : TATA TERTIB WISUDAWAN/WATI

PENGUMUMAN

Nomor : In.14/   R/PP 009/0702/2014

 

Diberitahukan dengan hormat kepada Wisudawan/wati, bahwa ± 658 lulusan IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Sarjana dan Magister) akan bersama-sama diwisuda pada sidang Senat Terbuka IAIN Syekh Nurjati Cirebon hari Kamis tanggal 03 April 2014, bertempat di Ballroom Apita Green Hotel Jl. Tuparev No. 323 Cirebon. Untuk itu demi menjaga kekhidmatan dan kelancaran upacara, panitia menetapkan Tata Tertib sebagai berikut :

  1. Para Wisudawan sudah ada dilokasi wisuda pada pukul 06.30 WIB.
  2. Pada pukul 07.00 WIB dengan koordinasi/dipimpin petugas dari masing-masing jurusan wisudawan/wisudawati akan masuk ruang upacara dengan tertib dan mengenakan toga.
  3. Orang tua (keluarga) wisudawan/ti mendapat 1 undangan berlaku untuk 2 (dua) orang di dalam gedung.
  4. Orang tua yang diperkenankan masuk ruang wisuda hanya yang membawa undangan.
  5.  Orang tua/keluarga (undangan) sudah duduk di kursi undangan pukul 07.30 WIB.
  6. Undangan tidak diperjualbelikan.
  7. Selama upacara berlangsung, keluarga dan wisudawan/wisudawati tidak diperkenankan: membawa bayi atau anak kecil, memotret/mengambil gambar, menghidupkan handphone dan keluar masuk ruangan upacara.
  8. Penerimaan ijasah secara simbolik akan diabadikan oleh sie dokumentasi yang dikoordinir panitia.
  9. Undangan (orang tua) yang terlambat hadir dan upacara wisuda telah dimulai maka tidak diperkenankan memasuki ruangan upacara.
  10. Para keluarga dan pengantar di luar gedung dimohon untuk ikut menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan serta tidak menyebabkan kerusakan taman dan sarana lainnya.
  11. Bagi wisudawati diwajibkan memakai kerudung warna pink tua.
  12. Diwajibkan bagi wisudawan/ti untuk mengikuti gladi bersih pukul 13.00 WIB s.d. selasai.
  13. Pembagian Toga dan Undangan di Ballroom Apita Green Hotel Jl. Tuparev Cirebon.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Saudara beserta keluarga  kami ucapkan terimakasih.

Cirebon, 28 Maret 2014

Ketua Panitia

Ttd

Ali Hadiyanto

NIP. 19600904 198803 1 001

Mar 21

Workshop Peningkatan Mutu Penulisan dan Pubklikasi Jurnal Ilmiah

Workshop Peningkatan Mutu Penulisan dan Pubklikasi Jurnal Ilmiah

Di dunia pendidikan tinggi, kemampuan penulisan ilmiah menjadi salah satu kegiatan akademik yang vital dalam mengembangkan dan meningkatkan keberadaan lembaga pendidikan tinggi, karena kemampuan penulisan ilmiah  merupakan bagian dari tugas pokok  civitas akademika sebuah perguruan tinggi, khususnya  dosen  terkait dengan  aktifitas akademik lainnya, yaitu pengajaran, pengabdian, dan penelitian  atau yang biasa disebut dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Continue reading “Workshop Peningkatan Mutu Penulisan dan Pubklikasi Jurnal Ilmiah” »

Older posts «

Close